Senin, 21 Januari 2013

langkah-langkah merakit PC (DW)

troubleshooting

 1. Tidak bisa booting dari CD-ROM Drive
-Cek pada BIOS setup (CMOS SETUP)
-Cek kompatibilitas CD-ROM Drive

2. Floppy Disk Drive tidak bisa membaca
-Bersihkan disk drive dengan menggunakan disk cleaner
-Cek kabel interface diskdrive dan power ke konektor drive
-Ganti disket
-Format disket dengan perintah DOS
-Cek apakah disket terserang virus boot sector

3. Modem tidak hidup
-Cek hubungan kabel adaptor ke modem (eksternal)
-Cek kabel modem yang terhubung ke komputer (COM1/COM2 atau USB)
-Cek kabel telepon (Line in) ada nada bunyi (TONE)
-Cek driver yang diinstalasi

4. Harddisk menimbulkan bunyi gemeretak
-Head harddisk mulai rusak
-Backup data dan cari pengganti harddisk

5.Soundcard tidak ada nada (bunyi)
-Cek hubungan kabel antara speaker dengan soundcard atau kabel power speaker (ACTIVE)
-Cek driver yang dipergunakan
-Setting IRQ dan ADDRESS
-Cek kabel CDROM-Drive interface yang dihubungkan dengan soundcard

6. MPEG Card, jalan sering hang
-Cek memori
-Cek setting pada card MPEG
-Cek file yang diinstalisasi (drive MPEG)
-Ganti MPEG card

7 CD-ROM Drive tidak bisa membaca
-Cek kabel, power
-Cek setting pada file CONFIG.SYS DEVICE=C:/SBCDIDE.SYS/D:CD007
-Bersihkan head CDROM dengan CD Cleaner

8.Komputer sering hang
-Cek kipas angin pada motherboard (CPU)
-Ganti memori
-Cek setting pada komputer
-Cek virus
-Ganti prosesor
-Rekoveri sistem ke konfigurasi awal pertama kali diinstalisasi atau saat konfigurasi paling baik

9.Gerakan mouse tersendat-sendat
-Bersihkan mouse (untuk jenis mouse track ball)
-Mouse optic membutuhkan permukaan (dasar) yang gelap agar cahaya tidak memantul


10.Monitor tidak ada tampilan
-Cek VGA card
-Cek kabel monitor apakah sudah terpasang ke VGA
-Ganti VGA atau monitor
-Cek kabel pin pada monitor (ada yang bengkok/patah)

11.Komputer tidak mau hidup
Ketika menghidupkan komputer, tombol power sudah ditekan tetapi komputer tidak mau hidup. Indikator power on pada komputer tidak terlihat nyala.
Solusinya pastikan anda

Check koneksi kabel, Apakah perangkat anda tersambung dengan stavolt? Jika ya chek apakah stavoltnya masih berfungsi. Pastikan juga power outletnya tidak bermasalah. Adalah bisa mengetesnya dengan menyambungkan peralatan listrik lainnya ke power outletnya tersebut. Kalau peralatan lainnya di check ternyata bekerja, maka power outletnya masih bagus.
Jika masih PC tersebut tidak mau hidup maka masalahnya kemungkinan besar terletak pada kabel power. Gantilah kabel power-nya dengan yang baru. Jika masih tetap tidak menyala, maka permasalahannya terletak pada power supply unit anda atau malah motherboard anda yang bermasalah. Jika itu terjadi maka seharusnya anda menghubungi teknisi yang anda yakini dan memang sudah ahli dalam hal service

12.Komputer hidup tetapi tidak mau booting


Setelah ditekan tombol power,komputer hidup. Indikator power on juga terlihat menyala. Tetapi setelah ditunggu sekian lama sistem operasi komputer tidak segera aktif dan komputer terhenti pada pertengahan proses.

Solusi:

Perhatikan dengan baik apakah kondisi layar monitor anda gelap dan komputer membunyikan beep secara berulang-ulang? Jika ya maka itu pertanda bahwa anda akan segera dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada komputer anda. Bunyi Beep itu merupakan pertanda motherboard anda tepatnya BIOS anda mendeteksi adanya suatu kesalahan.

Beberapa motherboard terbaru memiliki Dr.Voice yang akan bersuara jika terjadi suatu kesalahan. Tetapi motherboard yang terdahulu memberikan tanda kesalahan dengan Bunyi Beep berulang ulang.

Jika saya mengusulkan coba cek memory( RAM ) anda apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak. Kalau perlu buka RAM dan pasanglah kembali dengan tepat. Tapi ingat pemasangan ataupun pelepasan RAM harus dilakukan pada keadaan komputer mati karena jika melakukannya pada keadaan hidup maka mungkin akan mengalami Konsleting.

13.Booting gagal, komputer selalu restart

jika anda mendapatkan masalah seperti ini maka anda tidak akan rugi untuk mengakses blog ini. masalah-nya adalah Komputer anda selalu gagal booting dan pada saat Windows logo sudah tampil dan loading sedang berjalan tiba-tiba komputer anda melakukan restart otomatis.
masalah tersebut sering kali terjadi pada komputer yang file Kernel32.dll nya rusak atau hilang. jika begitu berarti anda harus mengkopykan lagi file kernel32.dll dengan yang baru yaitu dengan cara me-REPAIR komputer anda dengan cd Windows Master original yang sama dengan sistem operasi yang anda pakai sekarang ini. Pada proses ini anda akan cukup lama untuk melakukannya. coba bersabar saja karena sabar akan disayang oleh Tuhan.


14.Berhasil Booting tetapi sangat lambat

Masalah diatas sering kali terjadi jika pada komputer anda terdapat banyak program utilities yang anda upload pada saat proses start up.
Penyelesaiannya adalah pertama masuk RUN dan ketikkan MSCONfiG.
setelah itu akan muncul kotak dialog Msconfig dan disana terdapat banyak tabs-tabs. nah sekarang anda coba cari tab yang bernama STARTUP. gmn udah ketemu apa blum? klo blum akan saya berikan bocorannya yaitu merupakan tab terakhir yang ada dan terdapat di samping kanan atas.
klo udah ketem, akan terlihat program apa saja yang di upload oleh anda pada saat startup anda dapat menghilangkan tanda check pada program aplikasi yang anda anggap tidak penting.

Langkah Langkah Merakit PC

Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

 

alat dan Bahan



Alat :

1. Obeng Plus (+)

2. Obeng Minus (-)

3. Tang Lancip (Capit Buaya)

4. Multimeter/Multitester

5. Pinset

6. Gelang Anti Static



Bahan :


1. Motherboard

Motherboard adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.

Cara Memasang Motherboard:

- Siapkan sekrup-sekrup yang digunakan dan obeng, kemudian pasang motherboard dengan benar pada dudukan yang tersedia.

- Kuatkan (putar searah dengan jarum jam) semua sekrup yang digunakan untuk motharboard tersebut dengan baik dan benar.



2. Processor

Processor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem komputer.


3. Heatsink (Kipas)

Heatsink adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas sekali.


4. Harddisk

Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi  piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data untuk dapat meningkatkan kinerja komputer.


5. Memory (RAM)

RAM (Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.


6. Floppy Disk Drive (FDD)

FDD adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket.


7. CD/DVD Drive

CD/DVD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data, perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah CD/Kaset


8. Kartu Grafis (VGA Card)

VGA Card (Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.


9. Sound Card

Sound Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk lempengan PCB dan mampu mengolah serta menghasilkan suara. Bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.


10. Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.


11. Cassing


12. Keyboard & Mouse


13. Monitor
Langkah-langkah Perakitan



Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.



1. Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.






2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar cassing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.






3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor



 .



4. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard.Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.






5. Siapkan cassing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.


6. Setelah menyiapkan casing pasanglah catu daya atau power supply seperti gambar dibawah ini!








7. Setelah itu masukkan motherboard pada cassing secara perlahan agar motherboard tidak rusak.Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada cassing dengan benar.






8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.


9. Dicontoh ini kita mengunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.


10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.


11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.


12. Pasanglah harddisk pada  rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan.kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.


13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard

dan pada harddisk itu sendiri.




14. Pasang konektor power supply pada tempatnya pada konektor yang terdapat di motherboard.(perhatian: jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.)






15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan lain-lain pad konektor yang terdapat di motherboard. seperti gambar berikut.




16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perakitan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan komputer bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bika tidak dapat BOOTING, berarti perakitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin menginstal Sistem Operasi.Cara meyempurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang.  




Istilah-istilah yang digunakan pada PC:

1.pin: terminal dari IC (integrated circuit),chips/komponen lain.

2.soket: kumpulan terminal untuk di hubungkan dengan chips atau kabel

3.jack: terminal ujung dari suatu penghantar

4.slot: kumpulan terminal berbentuk alur pada papan induk computer

5.booting: proses menyalakan computer sehingga siap untuk menerima perintah

6.star up: proses menyalakan computer sehingga siap untuk menerima perintah

7.drive: peralatan penggerak/pengaktif perangkat computer

8.install: memasang bagian-bagian computer atau program aplikasi computer

9.setup: mengatur perangkat computer sesuai dengan spesifikasi

10.setting; mengatur perangkat

11.rating: batas tegangan atau arus kerja system

12.reset: pengaturan awal kembali dalam keadaan bekerja

13.turbo: fasilitas tambahan kecepatan pada mesin

14.short: terjadi hubungan singkat pada sistm kelistrikan

15.expansion: fasilitas tambahan pada papan induk computer

16.card: papan rangkaian tambahan yang di masukkan ke papan induk

 


ini sedikit tips buat kalian semua:

Tips  membeli casing yang baru:
 Jika anda membeli casing yang baru pada umumnya kabel-kabel tersebut sudah terpasang pada casing.namun apabila anda masih ragu untuk pemasangan kabel tersebut mintalah bantuan pada penjual casing untuk memasang kabel tersebut.konfigurasi ini digunakan untuk computer dengan prosessor Pentium kebawah.sedangkan computer dengan prosessor Pentium 2 ke atas,power supply langsung ke motherboard dan dari motherboard di smbung ke power on/off.

Tips memasang prossesor:
Untuk pemasangan  prossesor  anda harus mengubah letak komposisi  JUMPER (kawat yang terpasang berdampingan dan digunakan untuk menyelesaikan suatu sirkuit elektrik secara temporer) di sesuaikan dengan prossesor yang di gunakan.gunakan konektor jumper untuk mengubah komposisi dari jumper tersebut.
Untuk mengubah jumper sebaiknya lihat buku panduan mainboard yang di dapat bersamaan pada saat anda membeli mainboard dan jangan anda mencoba-coba untuk meng ubah jumper tanpa melihat buku panduan mainboard,karena akan berakibat fatal bagi mainboard.selain itu,janganlah anda menyentuh komponen pada papan PCB karena pada tubuh anda ada kemungkinan aliran listrik statis yang dapat merusak komponen elektronik pada papan PCB.sebaiknya anda tidak menggunakan sandal atau sepatu agar listrik statis yang terdapat pada tubuh anda dapat ternetralisasi atau dapat pula anda melakukan dengan memegang benda logam yang lain terlebih dahulu untuk menetralkan listrik statis pada tubuh anda.


 semoga bermanfaat bagi semuanya :)
Poskan Komentar