Kamis, 10 April 2014

Web Server

Web server bisa di artikan sebagai Hardware dan juga bisa diartikan sebagai Software.
Web Server Sebagai Hardware
Sebuah website terdiri atas sekumpulan halaman web yang umumnya ditulis menggunakan bahasa HTML (HyperText Markup Language). Agar bisa diakses, sebuah website perlu ditempatkan pada sebuah komputer atau disebut dengan server. Anda juga bisa menggunakan Menghost Website dari Komputer Pribadi, namun cukup rumit untuk melakukannya. Agar lebih mudah, anda bisa membelinya pada penyedia layanan web hosting. Anda bisa menyewa satu server sekaligus, disebut dengan dedicated server (dedicated hosting). Atau anda bisa menyewanya sebagian, bisa berupa share hosting atau VPS
Untuk menjadi server yang handal, sebuah komputer harus mampu beroperasi dengan cepat, memiliki resource yang besar (RAM, disk space, dll), serta didukung oleh koneksi internet supercepat (internet backbone). Namun yang terpenting adalah memiliki alamat internet permanen yang disebut dengan IP address. Jika IP addressnya berubah, website tersebut tidak akan bisa ditemukan dan browser akan menampilkan pesan error jika anda mencoba mengaksesnya.

Web Server Sebagai Software
Web server merupakan sebuah program atau software yang berjalan pada komputer server. Program ini bekerja dengan cara menunggu request dari komputer client kemudian memberikan respon berupa data yang diminta. Data ini akan ditampilkan pada browser klien berupa halaman website.
Web server sering menjadi bagian dari internet dan intranet, berfungsi untuk mengelola email, mendownload file dari FTP, serta membangun website. Pertimbangan dalam memilih web server antara lain kecocokannya dengan sistem operasi, kemampuan dalam menjalankan pemrograman server-side, keamanan, serta tool-tool website yang mendukungnya.
Berikut adalah beberapa web server yangĂ‚  tersedia saat ini:
  • Apache web server – the HTTP web server
  • Apache Tomcat
  • Microsoft’s Internet Information Services (IIS) Windows Server
  • Nginx web server
  • lighttpd
  • Jigsaw
  • Klone
  • Abyss web server
  • Oracle Web Tier
  • X5 (Xitami) web server
  • Zeus web server, dll.
Web server yang paling sering dipakai saat ini adalah Apache dan Internet Information Server (IIS) dari Microsoft. Kelebihan dari Apache adalah selain gratis, juga mendukung berbagai sistem operasi termasuk Windows, Macintosh, dan Linux/Unix.

Peranan Web Server
Pada kenyataannya web server memiliki peran yang sangat penting di internet. Server menyimpan data website pada hard disk, sedangkan program web server membantu proses transmisi data tersebut ke komputer lainnya (klien). Secara singkat, proses loading halaman website pada browser dimulai dengan memasukkan URL website atau mengklik sebuah link. Kemudian browser akan mengirimkan request halaman tersebut pada server tempat website tersebut berada. Ketika request sudah sampai pada komputer server, saat inilah program web server bekerja. Program tersebut akan mencari konten yang diminta, kemudian mengirimkannya ke browser klien.
Halaman website biasanya tidak hanya berisi file teks, namun juga konten lain seperti gambar, musik, video, atau yang lainnya. File-file ini terpisah dari halaman web dan diambil oleh browser satu persatu dari server. Proses ini mungkin terlihat rumit, namun pada kenyataannya proses ini bisa berjalan dengan cepat. Ini karena HTTP membantu proses transfer data tersebut.

Tidak ada komentar: